01 Desember 2008

Tokoh-Tokoh hacker legendaries 1

1. Dennis M.Ritchie
Dennis M.Ritchie, pria kelahiran 9 september 1941 di broxville-new york tersebut memperoleh gelar BSi dibidang fisika dan Phd dibidang matematika terapan Harvad University .
Dennis bersama dengan rekannya ken Thompson menulis system operasi Unix yang merupakan system operasi pertama yang berjalan diberbagai jenis computer.
Untuk menghasilkan system operasi tersebut, dennis dan rekannya ken menyempurnakan bahasa pemprograman B karya ken. Sehingga lahirlah bahasa c yang digunakan untuk mengulis Unix.

2. Ken Thompson
Ken Thompson adalah mitra kerja Dennis M. Ritchie yang membuat system operasi Unix. Banyak penghargaan yang diperoleh oleh mereka berdua, diantaranya adalah ACM Award(1974), IEEE Emmanuel Piore Award(1982), Bell Laboratories Fellow (1983), U.S National Medal of Technology (1999), dan masih banyak lagi.
Sampai sekarang mereka masih aktif di Bell Labs. Proyek yang sudah mereka selesaikan antara lain system operasi Plan9 dan Inferno.

3. Linus Torvalds
Linus Torvalds, nama lengkapnya adalah Linus Benedict Torvads lahir Helsinki-Filandia tahun 1970. saat muda beliau berambisi untuk membuat system operasai yang lebih bagus dari dan bersifat gratis. Pada masa itu, beliau masih menggunakan Minix, yaitu salah satu klon Unix.
Dari idenya tersebut, bersama-sama dengan rekan-rekannya beliau membuat system operasi linux, yang merupakan system operasi yang mirip dengan Unix. Bahkan sekarang linux berkembang pesat degnan berbagai versi. Walau demikian linus sendiri menggunakan versi Red hat.

4. Richrd M. Stallman
Stallman lahir tahun 1953, merupakan seorang hacker generasi pertama yang paling dikenal. Pria lulusan harvad university ini bekerja dilaboratorium Artifical Intelegence di MIT. Dan pada tahun 1980 beliau keluar dari MIT.
Pengalaman yang diperolehnya selama di MIT digunakan untuk membantu temannua menulis sebuah buku yang berjudul Hacker Heroes of The Computer Revolution, tahun 1984. beliau adalah pendiri free Software Foundation, dikarenakan beliau menentang anggapan bahwa software adalah hak milik pribadi. Dari modul-modul Free Software itulah yang banyak membantu Linus Torvalds dalam menciptakan Linux.
Perlu diketahui bahwa Stallman menyatakan tidakpuasnya dnean trend hacker dewasa ini yang suka menyusup ke computer orang lain.

Tidak ada komentar: