01 Desember 2008

Tokoh-Tokoh hacker legendaries

5. Robert T. Morris
Robert T. Moris lahir tahun 1966, beliau menjadi terkenal karena program worm yang di ciptakannya mengacau internet. Pada masa remaja Robert sudah berhasil meng-hack system computer Bell Labs dan memperoleh hak akses super user.
Berawal pada tanggal 2 november 1988, saat masih di Cornell University. Robert Morris menulis sebuah program Worm yang menurutnya ditunjukan untuk maksud penelitian. Worm tersebut memiliki kemampuan untuk menyebar di internet secara otonom, bahkan memanfaatkan kelemahan yang umum ada system Unix, termaksud juga mengexploitasi system sendmail dan belum lagi dengan berbagai kemampuan lainnya. Malangnya program worm itu menyebar tak terkendali yang menimbulkan kemacetan ribuan computer di internet.
Berawal dari kasus inilah mendorong pembentukan CERT(computer emergency resource team), yaitu badan yang bertugas menangani kasus-kasus internet. Robert Morris sendiri didenda US$10.000 dan menjadi orang yang paling terkenal karena membuat virus.

6. Kevin Poulsen
Kevin Poulsen adalah orang yang berhasil menembus system keamanan FBI pada akhir tahun 1980. dari akses tersebut, Poulsen memperoleh data-data “perusahaan “yang dijalankan oleh agen-agen FBI. Akibatnya tentu saja ia harus berurusan dengan FBI.
Pada tahun 1990, beliau memenangkan kontes telephon yang diselengarakan oleh sebuah rasio di Los Angees. Caranya cukup unik, yakni mengambil alih system computer perusahaan telepon Los Angeles, memblokir semua telephon ke stasiun radio tersebut, dan membuat dirinya sendiri menjadi penelphon yang ke 102 (dan tentu saja otomatis menjadi pemenang)
Pada tahun 1998 lalu beliau dibebaskan, dan menjadi penulsi tetap pada perusahaan ZDTV. Rubrik yang diasuhnya adalah Chaos Theory, yaitu sebuah rubric kejahatan computer.

7. Kevin Mitnick
Kevin Mitnick yang lahir pada tahun 1963 adalah seorang hacker paling banyak dipublikasikan karena terlibat perkara criminal.
Beliau ditangkap untuk kelima kalinya pada bulan februari tahun 1995 setelah pelacakan FBI dan bantuan pakar keamanan Tsutomu Shimomura. Dangan tuduhan antara lain kepemilikan 20.000 nomor kartu kredit curian, menyalin system operasi DEC (Digital Equipment Corporation) secara illegal dan menggunakan komputernya unuk mengambil alih hub jaringan telepon New York dan Calivornia.

8. Steven Mozniak
Steven Mozniak dibesarkan di SUnnyville, karena kecerdasanya dibidang matematika, maka pada tahun 1980 steven berhasil merancang computer pribadinya sendiri. Steven diremehkan oleh perusahaan-perusahaan besar serperti IBM. Karena pada saat itu IBM memilih memproduksi computer-komputer besar dengan kemampuan bersar dan ukuran yang besar serta harga yang mahal.
Steven Moziak bekerjasama dengan rekannya Steven Jobs dan mendirikan Apple Computer. Produk pertama dari perusahaan mereka adalah Apple I, tetapi produk yang membuat Apple compter terkenal adalah produk Apple II, yang keluar pada tahun 1977,. Segera setelah itu (1980) apple computer go Public. Stelah beberapa lama menikmati kesuksesan Apple computer steven Mozniak memutuskan untuk keluar. Dan bergabung lagi pada tahun 1996, ia kembali lagi ke perusahaan itu dengan jabatan penasehat.

9. John Draper
Lebih dekenal dengan julukan “Cap’n Crunch”. Beliau adalah seorang Hacker generasi pertama yang beroperasi dibidang telekomunikasi dan mendapat julukan Phreaker. Beliau menemukan cara untuk melakukan hubungan telephon jarak jauh yaitu dnean sebuah kotak sereal yang pada tutupnya diberi sebuah peluit, lalu peluit itu ditiup secara perahan-lahan maka akan menghasiklan nada 2600 Mhz dengan sempurna, setelah itu peluit itu didekatkan pada seubah pesawat penerima telephon maka akan tersambung tanpa biaya.

Tidak ada komentar: