30 Mei 2013

Tips Komplit Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

  kesehatan ibu hamil sangatlah penting untuk memastikan kelancaran dalam proses persalinan dan tumbuh kembang calon buah hati. Berikut ini uraian mengenai cara menjaga kesehatan kehamilan yang komplit dan praktis.
Banyak ibu yang kurang memperhatikan kesehatannya selama kehamilan. Padahal menjaga
5 Hal yang Wajib Dijaga Selama Kehamilan Berlangsung
Ikuti tips berikut agar tetap sehat dan bugar!
1.  Menjaga Status Gizi
Untuk menjaga kesehatan wanita hamil diperlukan kalori sebanyak 2500 kal perhari yang didapat dari konsumsi karbohidrat, protein dan lemak. Kebutuhan karbohidrat perhari sekitar 1500 kalori, sedangkan protein sebanyak 75 gram.
Vitamin yang paling penting untuk kehamilan adalah asam folat karena berfungsi membentuk sel saraf pusat. Kebutuhan asam folat harian sekitar 600 µg. Vitamin lain juga diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh ibu seperti vitamin C dan E. Batasi konsumsi vitamin A karena dapat membahayakan janin.
Mineral yang paling dibutuhkan ibu adalah zat besi untuk mempertahankan kadar hemoglobin darah. Oleh karena itu, ibu dianjurkan mengonsumsi suplemen besi hingga akhir kehamilan. Mineral lain yang juga diperlukan adalah kalsium, magnesium, kalium, dan lain lain.
2.  Konsumsi Air Putih
Air putih berfungsi sebagai pelarut zat-zat sampah yang bisa menimbulkan penyakit. Selain itu, air putih juga dapat memperingan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Untuk menjaga kesehatan ibu hamil diperlukan air putih sebanyak delapan gelas perhari.
3.  ANC
Menjaga kesehatan ibu hamil berarti juga selalu mengontrol kondisi fisik dan psikisnya. Untuk itu diperlukan pemeriksaan rutin yang disertai konseling khusus kehamilan. ANC dilakukan 1 bulan sekali pada TM I dan II. Sedangkan pada TM III dilakukan tiap 2 minggu.
4.  Menjaga Kebersihan
Nah, tips yang satu ini bertujuan untuk menjauhkan kuman penyakit dari tubuh ibu. Yang perlu dilakukan dalam menjaga kebersihan adalah gosok gigi minimal 2 kali sehari, mandi minimal 2 kali sehari, mencuci rambut, ganti pakaian setiap hari serta ganti celana dalam tiap kali basah.
Khusus untuk perawatan payudara boleh dilakukan mulai trimester III secara teratur. Minimal bersihkan puting susu menggunakan kapas dan baby oil. Bersihkan puting susu anda tiga kali sehari. Tujuannya agar air susu dapat keluar dengan lancar saat menyusui.
5.  Olahraga Teratur
Olahraga teratur wajib dilakukan untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga meningkatkan kesehatan ibu hamil. Olahraga yang paling mudah adalah jalan-jalan pagi. Selain bisa menghirup udara segar dan melancarkan peredaran darah, jalan pagi juga dapat menyegarkan otak dan meningkatkan gairah.
Ibu juga dapat melakukan olahraga lain seperti senam hamil dan renang. Ikuti prosedur dan taati aturan agar tidak menimbulkan masalah seperti pingsan, kram atau terkilir. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keamanan olahraga yang Anda pilih.
6 Kebiasaan yang Membahayakan Kehamilan
Selain anjuran di atas juga ada beberapa hal yang wajib Anda jauhi jika ingin kehamilan berjalan sehat. Apa sajakah itu?
1.  Stres
Ibu hamil tidak boleh stres. Mengapa demikian? Bayi dapat merasakan denyut jantung dan pernafasan Anda. Stres dapat memicu hormon adrenalin yang memacu kerja jantung sehingga denyut jantung janin tidak teratur. Keadaan ini sangat mengganggu tumbuh kembangnya.
2.  Jauhkan Diri Anda dari Radiasi
Radiasi sinar-X dapat mengganggu pembelahan dan perkembangan sel janin. Gunakan layar LCD pada monitor computer dan hp untuk menurunkan efek radiasi. Hindari pemeriksaan kesehatan yang menggunakan sinar-X seperti rongent dan beberapa pemeriksaan gigi.
3.  Dilarang Merokok
Asap rokok mengandung nikotin dan karbon monoksida yang sangat membahayakan kehamilan. Selain itu, pasokan oksigen akan berkurang karena paru-paru dipenuhi karbondioksida. Padahal kebutuhan oksigen pada ibu hamil justru meningkat.
Menjaga kesehatan kehamilan juga berarti tidak berada di dekat perokok karena anda akan menjadi perokok pasif. Efek negatif rokok juga  terjadi pada perokok pasif, bahkan bisa lebih buruk daripada perokok aktif.
4.  Hentikan Konsumsi Narkotika
Anda harus bermusuhan dengan zat yang satu ini. Narkotika bekerja merusak sistem saraf pusat sehingga tidak dapat mengatur tubuh dengan baik. Jika tanpa kehamilan saja narkotika dapat menyebabkan kematian, bagaimana pada ibu hamil? Anda pasti tahu jawabannya.
5.  Stop Kosmetika Berbahaya
Beberapa kosmetika mengandung bahan yang berbahaya seperti merkuri, hidrokinon, dan pewarna tekstil. Semua bahan ini dapat menyebabkan cacat janin. Sebaiknya gunakan kosmetika dari bahan alami atau cek dengan mengoleskan kosmetik tersebut pada tembaga. Jika warna tembaga berubah, maka kosmetika tersebut berbahaya.
6.  Jangan Konsumsi Obat Luar
Obat dapat menjaga kesehatan ibu hamil sekaligus membahayakan. Beberapa obat sepertiaspirinantalginkloramfenicol, dan deksametason tidak boleh dikonsumsi wanita hamilkarena menimbulkan kelainan pada janin. Usahakan konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter saja karena diyakini lebih aman.

Sumber : namanakbayi.com

Tidak ada komentar: